Sabtu, 14 Mei 2011

10 Rencana Sebelum Memulai Bisnis


10 Rencana Sebelum Memulai Bisnis

news source: powerhomebiz

Pendekatan seperti ini banyak digunakan oleh pemilik usaha kecil sebelum mereka benar-benar memutuskan untuk terjun sebagai pengusaha. Seperti sekarang, dimana ekonomi semakin sulit mau gak mau memaksa orang untuk mencari tambahan penghasilan karena gaji kantoran dirasa tidak mencukupi kebutuhan hidup yang semakin tinggi.Anda statusnya masih karyawan,tapi memiliki usaha sampingan? Anda tidak sendiri. Menciptakan usaha mandiri sambil tetap bekerja kantoran bisa menjadi langkah awal sebelum Anda memutuskan untuk berhenti sebagai orang gajian.
Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis sendiri saat masih bekerja kantoran, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:
1. Bersiaplah untuk bekerja ekstra
Selamat datang di dunia malam tanpa tidur dan istirahat. Tidak ada akhir pekan!
Memulai bisnis sendiri pastilah memakan waktu dan usaha yang keras. Menggabungkan kerjaan kantoran dengan usaha sampingan telah melipatgandakan waktu, pikiran dan tenaga Anda, terutama pada awal-awal ketika Anda baru memulainya.Anda juga masih bingung melakukan pengaturan waktu dan tenaga bukan?.Membangkitkan bisnis pastilah memerlukan banyak pemikiran, strategi, dan perencanaan.
2.Buatlah jadwal kebutuhan waktu yang diperlukan untuk bisnis
Hal ini penting untuk menentukan apakah Anda benar-benar memiliki waktu dan tenaga yang cukup untuk bekerja pada pekerjaan kantor dan bisnis Anda. Realistis berpikir tentang tuntutan dan waktu Anda dari kedua komitmen tersebut, terutama jika bisnis Anda mengharuskan untuk bertemu dengan klien secara teratur atau Anda bekerja pada tenggat waktu yang ketat baik untuk pekerjaan Anda atau bisnis atau keduanya. Pada akhirnya, apakah Anda masih berpikir Anda dapat bekerja pada bisnis Anda?
Jika Anda hanya blogging dan menggunakan iklan untuk mendapatkan uang dari blog, maka Anda hanya dapat bekerja pada jadwal Anda sendiri dan dapat menulis posting baru setelah jam kantor usai. Tetapi kalau Anda akan memulai bisnis pertamanan atau bisnis lain yang mengharuskan Anda bertemu dengan klien, maka Anda perlu berpikir bagaimana caranya menyiasati waktu antara pekerjaan kantor dengan waktu yang Anda sempatkan untuk bertemu dengan klien.
3.Periksa kembali apakah tuntutan bisnis sampingan Anda tersebut akan mengganggu pekerjaan Anda atau tidak
Menjawab email dari klien selama dalam jam kerja (dari ponsel pintar Anda sendiri atau komputer pribadi Anda) adalah satu hal, tetapi ketika mengharuskan keluar dari kantor selama beberapa jam untuk bertemu dengan klien untuk urusan bisnis Anda sendiri adalah hal lain. Kecuali Anda bekerja untuk sebuah perusahaan seperti Google yang memungkinkan karyawan untuk menghabiskan sampai 20% dari waktu mereka untuk proyek-proyek pribadi mereka, banyak tempat kerja akan cemberut pada anda jika menghilang selama berjam-jam atau menggunakan jam kantor untuk sesuatu selain pekerjaan terkait.
Kecuali jika pekerjaan Anda berorientasi hasil yang tidak memerlukan Anda harus datang ke kantor yang penting ada hasilnya. Atau jika Anda menjalankan bisnisnya setelah usai jam kerja dan tidak berbenturan dengan jam kerja kantor. Dan jika Anda tidak bisa melakukan itu, maka sudah waktunya untuk memikirkan kembali prioritas Anda dan apa yang Anda benar-benar ingin lakukan.
4. Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan sumber daya kantor untuk keperluan bisnis Anda.
Ini adalah salah satu pertimbangan paling sulit ketika bekerja pada pekerjaan penuh waktu dan bisnis paruh waktu. Bos Anda di pekerjaan Anda tidak akan ingin Anda menggunakan mesin fotokopi mereka, bahkan kertas dan komputer untuk bisnis Anda.
Juga, jangan memberikan nomor kantor Anda kepada klien. Bos dan rekan kantor Anda tidak akan menghargai Anda jika mereka harus berbicara dengan rekan bisnis Anda dengan menggunakan telepon perusahaan. Plus, jangan bingungkan klien Anda ketika mereka menelpon Anda hanya mendengar operator telepon, “Terima kasih Anda telah menghubungi [nama perusahaan pekerjaan sehari-hari Anda]” ketika mereka menghubungi Anda!
5. Mengharapkan bisnis untuk tumbuh lebih lambat
Banyaknya waktu yang tersita pada pekerjaan kantor membuat Anda hanya memiliki beberapa jam tambahan saja untuk mendedikasikan pada bisnis Anda. Hal ini membatasi potensi pertumbuhan bisnis Anda.
Jika Anda menjalankan bisnis yang memerlukan pertemuan langsung dengan klien, Anda akan kehilangan klien yang ingin bertemu dengan Anda selama waktu pekerjaan anda. Jika Anda seorang blogger, Anda mungkin dapat melakukan hanya satu posting per hari, bukan sepuluh jika Anda menjalankan bisnis sendiri. Jika Anda seorang desainer grafis, Anda hanya dapat menerima dua klien sekaligus, bukan dua puluh.
6. Bersiaplah untuk stres
Jika Anda berpikir bahwa pekerjaan Anda saat ini sudah membuat Anda cukup stres, memulai bisnis dan menjadi bos sendiri bahkan lebih stress. Melakukan dua pekerjaan pada saat yang sama dapat memberikan banyak stres dan sakit migrain.
Bayangkan skenario ini: bagaimana jika website Anda jumlah visitornya tiba-tiba turun saat Anda sedang rapat di kantor selama 2 jam? Itu berarti 2 jam mengeluh apa yang salah dengan situs Anda, dan berada di situasi di mana Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Kemudian ada situasi di mana Anda berurusan dengan atasan Anda saat memberi Anda segunung tugas untuk mengerjakan pekerjaan lembur, ketika klien anda sudah menekan Anda untuk menyelesaikan situs web yang Anda buat.
7. Studi kebijakan tenaga kerja dari pekerjaan anda
Jika Anda menjaga nilai pekerjaan anda, disarankan agar Anda meninjau aturan majikan Anda berkaitan dengan jam kerja, sumber daya dan bahkan kebijakan untuk pekerjaan paruh waktu.
8. Pertimbangkan etika bisnis
Jika bagian dari bisnis Anda berada di garis bisnis yang sama dengan majikan Anda – dan tujuan Anda adalah mencoba untuk mendapatkan klien mereka – berhati-hatilah karena berkaitan dengan pertimbangan hukum dan etika dari pendekatan ini. Hal ini terutama berlaku jika Anda tidak memiliki perjanjian dengan majikan dalam hal bersaing mendapatkan klien.
9. Perlukah Anda memberitahukan bisnis Anda tersebut kepada atasan
Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada dinamika, budaya, dan politik dalam pekerjaan anda. Hal ini juga tergantung pada hubungan Anda dengan atasan Anda, dan bagaimana dia akan mempertimbangkan informasi pada bagaimana bisnis beroperasi. Hal ini bisa memiliki dampak baik dan buruk. Jika bisnis Anda benar-benar berbeda dari pekerjaan anda, memberitahu atasan Anda tentang hal ini mungkin memberi mereka perspektif yang berbeda dari Anda sebagai karyawan dan bisa memberikan kesan bahwa Anda memiliki keterampilan dan kualitas lebih dari pekerjaan sehari-hari yang tidak Anda tampilkan. Seorang ekonom pembangunan yang sedang melakukan pekerjaan analisis kebijakan diberi tugas menjalankan pekerjaan organisasi pemasaran online setelah atasannya mengetahui bahwa ia menjalankan sejumlah situs.
10. Mempertimbangkan dampak kehidupan pribadi Anda
Dengan menjalankan pekerjaan kantor dan bisnis sampingan sekaligus secara bersamaan, waktu Anda yang tersisa untuk bersantai dengan keluarga akan berkurang secara signifikan. Anda perlu mempertimbangkan apakah pekerjaan dan bisnis Anda akan mempengaruhi hubungan Anda, terutama jika Anda memiliki keluarga.
Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis saat Anda masih bekerja di kantor. Ini akan sangat sulit dan Anda perlu perlu persiapan untuk jalan yang panjang. Apakah Anda berencana untuk bekerja pada kedua pekerjaan tersebut untuk jangka panjang atau pendek, sadarilah bahwa pertimbangannya etis dan hukum. Tapi jika dan ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis bersamaan dengan pekerjaan kantor, jagalah hubungan baik dengan majikan Anda. Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda akan memerlukan bantuan dari majikan Anda, atau apakah Anda bisa mengubahnya menjadi pelanggan untuk bisnis Anda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...