Jumat, 13 Mei 2011

Kopi Tak Picu Darah Tinggi



Kabar gembira untuk Anda pecinta kopi. Minum beberapa gelas kopi setiap hari ternyata tidak akan memicu masalah darah tinggi.

Sebelumnya, banyak yang mengira kalau kopi bisa memicu tekanan darah menjadi lebih tinggi, yang nantinya bisa memicu penyakit jantung, stroke dan harapan hidup yang pendek. Tetapi, penelitian panjang tim peneliti asal Amerika Serikat mengungkapkan kalau orang minum banyak kopi dalam sehari kesehatannya tidak lebih buruk dibandingkan dengan orang hanya minum sedikit kopi.

Tim peneliti melakukan melakukan polling data dari enam penelitian yang melibatkan 170 ribu partisipan. Mereka dimintai keterangan terkait berapa banyak kopi yang diminum dalam sehari, lalu kondisi tubuhnya selama 33 tahun dicatat.

The American Journal of Clinical Nutrition
 melakukan analisis data tentang satu dari lima kasus tekanan darah tinggi. Yaitu kemungkinan darah tinggi tinggi tidak jauh berbeda antara seseorang yang minum lebih dari lima cangkir kopi sehari dibandingkan dengan mereka yang minum hanya sedikit kopi.

Tetapi salah satu peneliti, Liwei Chen, dari Louisiana State University School of Public Health di New Orleans, mengungkapkan kalau hubungan antara minum kopi dengan tekanan darah tinggi sangat rumit. Itu karena kemungkinan risiko darah tinggi tidak sama pada setiap orang.

"Seseorang dengan latar belakang genetik yang berbeda bisa bereaksi berbeda saat mengonsumsi kopi. Mungkin bagi sebagian orang minum kopi cukup aman, sementara tidak aman bagi yang lain," kata Chen, seperti dikutip dari Daily Mail.

Lawrence Krakoff, ahli darah tinggi dari Mount Sinai Medical Center di New York juga mengungkapkan kalau darah tinggi bukan jadi salah satu faktor pemicu darah tinggi. Tetapi ia juga menyarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi.

"Jika seseorang minum 12 gelas kopi setiap hari dan tidak tidur, itu bisa jadi masalah," kata Krakoff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...