Sabtu, 18 Juni 2011

Inilah Air Force One yang Mengantar Obama ke RI


Headline
Saat berkunjung ke luar negeri termasuk Indonesia pada pekan ini, Presiden AS Barack Obama akan diantar oleh Air Force One. Seberapa canggih pesawat ini?.

Air Force One merupakan salah satu seri pesawat Boeing 747-200B yang didesain khusus dengan kode belakang 28000 dan 29000. Versi militer ini juga dikenal dengan VC-25 A.

Pesawat ini merupakan salah satu simbol yang melekat dengan Presiden Amerika Serikat. Pesawat dihiasi dengan bendera negara, kalimat 'United States of America' dan Seal of the President of the United States, sehingga pesawat ini sangat mencolok.

Air Force One mampu melakukan pengisian bahan bakar di udara, jangkauan tidak terbatas dan membawa Presiden kemanapun ia inginkan.

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem elektronik tertentu yang memungkinkan siapapun memanfaatkan peralatan komunikasi canggih dengan aman. Selain itu, ada juga pusat komando bergerak untuk mencegah serangan terhadap AS.

Pesawat seluas 370 meter persegi ini terbagi menjadi tiga tingkat di antaranya diisi ruangan khusus presiden, beserta kantor yang besar, toliet dan ruang konferensi. Pesawat ini juga memiliki ruang medis yang dapat berfungsi sebagai ruang operasi di mana dokter selalu ada di sana. Selain itu, alat angkutan ini juga menyediakan makanan bagi 100 orang sekaligus.

Air Force One juga memiliki tempat bagi pendamping Presiden termasuk penasihat senior, petugas Secret Service, pengurus media, dan tamu lainnya. Beberapa kargo pesawat terbang juga berada di Air Force One untuk menyediakan pelayanan yang dibutuhkan Presiden di lokasi terpencil.

Air Force One dipelihara dan dioperasikan oleh Presidential Airlift Group, salah satu bagian dari Kantor Militer Gedung Putih. Pesawat ini mampu membawa sekitar 70 penumpang. Masing-masing VC-25A memiliki harga sekitar US$325 juta (Rp 2,9 triliun).

INILAH.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...